BERBAGI
JUARA--Muthia dan Luqman saat mempresentasikan robot karya mereka pada Event Robotik Mecbot 2021 yang berlangsung, Sabtu (2/10-2021). Mereka akhirnya berhasil meraih juara pertama tingkat nasional kategori Robot Inovasi Teknologi. (foto: istimewa)

BERITAHUta.com—Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mandailing Natal (Madina), Sumut mengukir prestasi di tingkat nasional. Dua siswa sekolah ini berhasil meraih juara pertama Spesialis Award pada Event Robotik Mecbot Nasional Tahun 2021.

Kedua siswa itu adalah Muthia S. Ibrahim dan Luqman Harun Lubis. Pelajar kelas XI MIPA-2 MAN 1 Madina, itu menyabet juara kategori Robot Inovasi Teknologi.

Prestasi diraih MAN 1 Madina ini patut diapresiasi, sebab persaingan dalam lomba ini tergolong cukup ketat. Pada seleksi tahap pertama yang diadakan 1 Agustus sampai 23 September 2021 lalu,  Muthia dan Luqman berhasil maju menuju final.

Lomba Event Robotik Mecbot Nasional Tahun 2021 diikuti siswa-siswa tingkat SLTA (sekolah lanjutan tingkat atas) di seluruh Indonesia. Persaingan bukan hanya kalangan pelajar madrasah Aliyah, tapi juga melibatkan SMA (sekolah menengah atas) dan SMK (sekolah menengah kejuruan).

Pada seleksi awal peserta mengirimkan video profil robot, presentasi dan poster ilmiah robot.

BERITA TERKAIT  Sanksi Adat, Keluarga Ayah Cabuli Putrinya “Diusir” dari Desa Mereka

Final pada lomba ini dilakukan secara virtual pada, Sabtu (2/10-2021). Peserta diwajibkan mempresentasikan dan demonstrasi mengenai robot yang ditampilkan. Selain itu juri juga menilai karya siswa dengan tanya jawab menggunakan aplikasi zoom meeting.

Kepala MAN 1 Madina Salbiah, S.Ag., MM., mengatakan pada Event Robotik Mecbot Nasional Tahun 2021 ada tiga kategori yang diperlombakan, yaitu: Robot Maze Solving; Transporter; dan Inovasi Teknologi.

MAN 1 Madina mengikutsertakan dua tim masing-masing untuk lomba kategori  Robot Maze Solving dan Inovasi Teknologi. Salah satu tim di antaraya berhasil meraih prestasi,  yakni: kategori inovasi teknologi.

“Dari awal saya sangat mensuport kegiatan robotik ini karena robotika merupakan salah satu disiplin ilmu yang dibutuhkan pada era digital dan otomatisasi seperti sekarang,” katanya kepada Baritahuta, pada Sabtu pagi (9/10-2021).

Langkah Salbiah mengikuti lomba ini mendapat dukungan dari guru-guru MAN 1 Madina yang berkompeten pada bidang ini. Merekalah yang menemukan siswa berbakat yang bisa diarahkan mempelajari robotik.

BERITA TERKAIT  Bupati Madina Segera Implementasilkan Arahan Presiden Soal Penanganan Covid-19

Muthia dan Luqman melakukan persiapan sekitar dua bulan sebelum lomba tahap seleksi dilakukan. Mereka memperlajari pemograman robot, komponen-komponen pada robot, perakitan robot, prinsip kerja robot, serta teknik presentasi yang baik.

Salbiah menyebutkan selama proses jelang lomba dia melihat para siswa sangat antusias dan semangat melakukan persiapan. “Ini memicu saya agar terus mengembangkan robotik di MAN 1 Madina,” katanya.

Harapan saya, jelasnya, robotik menjadi suatu disiplin ilmu yang bisa diterapkan di seluruh madrasah minimal pada bidang “ekskul” agar menjadi modal bagi anak-anak kita untuk menghadapi masa depannya.

Untuk mengikuti Spesial Award pada Event Robotik Mecbot 2021, Muthia dan Luqman dibimbing Reza Hidayat, S.Pd., guru MAN 1 Madina.

Muthia S. Ibrahim merupakan putri dari pasangan Gautama Ibrahim Nasution dan Salbiah, sedangkan Luqman Harun Lubis adalah buah cinta dari Mukhlis Lubis serta Evie Sofiana. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here