BERBAGI
DAGING RUSA--Begitu tertangkap, rusa dipotong oleh warga. Dagingnya dibagi-bagi. (foto: henri)

BERITAHUta.com—Ini langka pada era sekarang. Seekor rusa pada, Kamis pagi (26/8-2021), masuk perkampungan warga Desa Lumban Pasir, Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Bukan hanya masuk perkampungan, rusa sebesar kambing dewasa ini sempat berlari di jalinsum (jalan lintas Sumatera), desa tersebut sebelum akhirnya berhasil ditangkap warga di sebuah warung makan.

“Baru sekarang kami melihat rusa di sekitar Gunungtua Raya,” kata seorang lelaki 70-an tahun. Gunungtua Raya terdiri beberapa desa: Lumbanpasir, Gunungtua Julu, Gunungtua Jae, Gunungtua Tonga, Iparbondar, dan Panggorengan.

Rusa jantan ini kali pertama tampak di depan rumah Hanafi Lubis, sekitar pukul 09.45. Anak si pemilik rumah, Baitang Lubis, melihat si rusa seperti bingung.

BERITA TERKAIT  Terjerat Kasus Korupsi, Kejatisu Tahan Mantan Plt Kepala Kemenag Madina

Awalnya dia mengira hewan yang di depan rumahnya seekor kambing. Namun, setelah diperhatikan secara jelas, ia pun spontan teriak, “Ursa, ursa…”. Orang Mandailing menyebut rusa dengan ursa.

Mengetahui sejumlah warga memperhatikannya, rusa yang diduga tersesat dari perkebunan bagian utara rumah Hanafi Lubis langsung lari kocar-kacir.

Tak mau kalah, sejumlah masyarakat pun mengejar binatang bertanduk tersebut ke arah jembatan Aek Rantopuran. Karena panik, malah si rusa masuk ke rumah makan (lopo itik) yang berada tak jauh dari jembatan.

BERITA TERKAIT  Hadiri Acara Pelantikan, Bupati Madina Sampaikan Apresiasi pada Forkopimda Sumut

Seorang warga mengaku sempat melihat rusa itu berjalan dari arah belakang rumah Hanafi Lubis. Namun, dia tak begitu memperhatikan, sebab mengira seekor kambing.

Sepanjang Kamis siang, rusa masuk “kota” ini menjadi topik pembicaraan hangat di Gunungtua Raya.”Bisa jadi (rusa) dikejar harimau, sehingga dia ingin dapat perlindungan dari masyarakat.”

Setelah berhasil ditangkap, warga memotong rusa itu. Dagingnya, dibagi-bagi mereka. (henri)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here