SHARE
DISAMBUT MERIAH--Calon bupati Mandailing Natal H.M. Sofwat Nasution disambut meriah secara adat saat melakukan kunjungan silaturrahmi di Kelurahan Tamiang, Kecamatan Kotanopan, Madina, Senin (19/10-2020). Sofwat Nasution saat di-"ulosi" begitu turun dari mobil.

BERITAHUta.com—Raja Tamiang Balyani Lubis, SH., gelar Sutan Panusunan sampai meneteskan air mata saat menyampaikan dukungan kepada H.M. Sofwat Nasution sebagai calon bupati Mandailing Natal (Madina), Sumut pada Pilkada 9 Desember 2020.

Angkon na monang do mora nami on,” kata Raja Tamiang saat menerima kunjungan Sofwat Nasution di Bagas Godang Kelurahan Tamiang, Kecamatan Kotanopan, Madina, Senin (19/10-2020).

Kedatangan Sofwat Nasution yang berpasangan dengan Ir. Zubeir Lubis sebagai calon wakil bupati (Sofwat-Beir) pada Pilkada Madina 2020 disambut meriah secara adat.

Sofwat Nasution diarak menuju Bagas Godang Tamiang dengan iringan moncak dan gordang sambilan.

Begitu tiba di Tamiang, Sofwat Nasutian yang didampingi guru-guru senior Musthafawiyah Purba Baru dan H.M. Riza Pahlewi Lubis gelar Mangaraja Iro Parlagutan–tokoh adat Mandailing Julu– disambut di simpang jalinsum.

BERITA TERKAIT  Mantan Guru SMA 1 Panyabungan Harapkan Sofwat Nasution Maju pada Pilkada Madina

Turun dari mobil, Sofwat Nasution langsung  di-ulosi. Lalu di arak sekitar 100 meter menuju Bagas Godang dengan iringan moncak dan tabuhan Gordang Sambilan.

Sesampai di Bagas Godang, Raja Tamiang sudah menunggu. Karena faktor kesehatan, ia duduk pakai kursi di teras rumah. Sebagai penghormatan kepada Sofwat Nasution, begitu tiba di tangga Bagas Godang, ulos yang dikenakan saat iring-iringan diganti dengan ulos pusaka.

Tidak sembarang tamu boleh memakai ulos pusaka yang tampak sudah lapuk, hanya orang-orang tertentu saja. Ulos ini berasal dari Thailand. Konon, umurnya lebih 120 tahun.

Menurut Raja Tamiang, penyambutan yang dilakukan terhadap Sofwat Nasution merupakan semboyan alak  Mandailing di parangkat paradatan.

Raja Tamiang Balyani Lubis, SH., gelar Sutan Panusunan (dudu kiri), menyambiut kedatangan Sofwat Nasution dengan “hata’hata” dan dukungan sebagai calon bupati Madina.

Job situtu roangku mangida aroro ni mora nami on. Songoni buse kahanggi, anak boru, dohot namora natoras. Onpe ami sombah mora nami naro sian Panyabungan,” katanya.

BERITA TERKAIT  Sebelum “Tour” Lintas Alam Madina, Tim Trabas Sinunukan Silaturrahmi dengan Zubeir Lubis

Mudah-mudahan nian, ujar Raja Tamiang, dengan semboyanta tolu: satum-tum satahi hata, salumpat saindege dohot sapangambe sapanaili manjadi kakuatan ma di mora nami, Sofwat Nasution, anso bisa manjadi bupati Madina.

Raja Tamiang mengajak mora, kahanggi, anak boru yang di Tamiang dan sekitarnya untuk mendukung dan memilih Sofwat Nasution sebagai calon bupati Madina pada 9 Desember 2020. “Ita dukung dohot ita pilihma anso jadi bupati mora nami on. On mura pusako nami, morna nami salama-lamana. Sombah marmora,” sebutnya.(*)

Peliput dan Editor: Akhir Matondang

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here