BERBAGI
BENIH IKAN MAS--Anggota DPRD Sumut H. Fahrizal Efendi Nasution menyerahkan 36 ribu ekor benih ikan mas kepada empat kelompok tani di Desa Manyabar, Kecamatan Panyabungan, Madina pada, Rabu (14/9-2022). foto: akhir matondang

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com—Anggota DPRD Sumatara Utara (Sumut) H. Fahrizal Efendi Nasution menyerahkan 36 ribu ekor benih ikan mas kepada empat kelompok tani di Desa Manyabar, Kecamatan Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Sumut pada, Rabu (14/9-2022).

Selain 36 ribu ekor benih ikan mas, Fahrizal Efendi juga menyerahkan 220 kg pakan per kelompok. “Kita harapkan bantuan ini dapat membantu kelompok tani,” kata anggota DPRD Sumut dari Fraksi Hanura tersebut.

Pada kesempatan itu, Fahrizal Efendi  antara lain didampingi Kepala Bidang Budidaya dan Produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut Hasbir Batubara, Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Madina Syafruddin Nasution,  serta Juniah Hannum (kepala Bidang Budidaya dan Produksi Dinas Perikanan dan Kelautan Madina).

Bantuan benih ikan mas beserta pakan untuk empat kelompok tani di Desa Manyabar berawal adanya aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Fahrizal Efendi saat melakukan reses beberapa waktu lalu.

BERITA TERKAIT  Istri Gubernur Sumut Mengaku Suka dan Bangga pada Batik Motif Mandailing

Saat itu, Fahrizal Efendi duduk di Komisi B, yang antara lain membidangi perikanan. Aspirasi masyarakat itu lantas diperjuangkan wakil rakyat dari Dapil 7 Sumut ini melalui APBD 2022. Lalu, dianggarkan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut.

Bantuan benih ikan ukuran 8-10 cm ini diharapkan dapat membantu produksi ikan mas di Madina. “Perlu ada upaya nyata agar produksi ikan mas daerah kita tumbuh kembali. Pada jangka panjang, perlu kepastian produksi, baru kita bisa stop ikan dari luar,” kata Fahrizal Efendi.

Menurutnya, petani Madina sangat antusias ingin mengembangkan usaha budidaya ikan mas, namun mereka dihadapkan berbagai kendala. Antara lain masalah benih dan biaya pakan.

Karena itu, dalam kaitan produksi ikan mas menuju swasembada, ujar Fahrizal Efendi, Madina belum bisa dikatakan berbenah tetapi masih harus kerja keras. “Persoalannya terkadang, antara program dan anggaran tidak sesuai. Inilah yang harus kita benahi,’ katanya.

BERITA TERKAIT  Menengok Runding Farm (2): Sukses Bisnis Tanaman Buah, Kini Menuju Agrowisata

Fahrizal Efendi berharap pada tahun-tahun mendatang Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut tetap menganggarkan bantuan benih ikan mas kepada kelompok tani di Madina. “Jika memungkinkan jumlah benih dan penerima dapat ditambah, “ sebut Fahrizal Efendi.

Hasbir Batubara menyatakan bangga dengan petani Madina yang begitu semangat menerima bantuan benih ikan mas tersebut. “Tentu saja dengan dukungan wakil rakyat, kami akan berupaya terus memberikan bantuan benih ikan kepada petani Madina. Bahkan jika memungkinkan anggarannya ditambah,” katanya.

Ia mengingatkan kelompok tani memelihara benih ikan mas bantuan dengan baik agar bisa dipasarkan, sehingga mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Dengat raut wajah sumringah, Ramli Nasution menyampaikan terima kasih kepada Fahrizal Efendi yang sudah mampu memperjuangkan aspirasi yang mereksa sampaikan saat reses beberapa waktu lalu. “Bantuan benih ikan ini akan kami pelihara dengan baik sehingga bisa dipasarkan,” katanya. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here