BERBAGI
Gozali Pulungan (foto: istimewa)

BERITAHUta.com—Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menetapkan Sekdakab Mandailing Natal (Madina) Gozali Pulungan, sebagai pelakansa tugas (Plt) bupati Madina sampai ada keputusan lebih lanjut dari Kemendagri.

Hal itu sesuai dengan radiogram gubernur Sumut Nomor 123/6048/2021 tanggal 29 Juni 2021 yang ditujukan kepada Sekdakab Madina dan ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri RI, bupati Madina, dan pimpinan DPRD Madina.

Pada poin A radiogram itu disebutkan,  berdasarkan berita acara pelantikan bupati dan wakil bupati Madina masa jabatan 2016-2021, bakal berakhir pada, 30 Juni 2021.

Poin B, sesuai ketentuan pasal 131 ayat (4) Peraturan Pemerintah (PP) No. 49 Tahun 2008 disebutkan, dalam hal terjadi kekosangan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekda melaksanakan tugas sebagai kepala daerah.

BERITA TERKAIT  Penerima Terharu, Bupati Madina Serahkan Rp74 Juta Bagi Korban Kebakaran di Panyabungan III

Poin C, berdasarkan ketentuan tersebut, serta guna menghindari kekosongan jabatan pimpinan penyelenggaran pemerintahan di Pemkab Madina, diminta kepada sekdakab melaksanakan tugas sebagai bupati di daerah ini sampai adanya kebijakan pemerintah lebih lanjut.

Poin D, jabatan Plt sebagaimana dimaksud adalah bersifat rutin, sedangkan kebijakan bersifat strategis dilaksanakan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dan melaporkannya serta mempertanggung jawabkannya kepada gubernur Sumut.

Dengan keluarnya radiogram gubernur Sumut ini, berarti ini kali kedua Gozali Pulungan menjabat Plt bupati Madina. Pada 2016, lalu, sebelum Dahlan Hasan Nasution-Ja’far Sukhairi Nasution dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Madina periode 2016-2021, dia juga sempat menjabat Plt selama empat hari.

BERITA TERKAIT  Pemkab Madina Bantu Pengobatan Bocah Penderita Penyakit Sejenis Tumor

Sementara itu, Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Pemprov Sumut Rasyid Ritonga yang dihubung Beritahuta.com pada, Selasa siang (29/6-2021), menyebutkan saat ini proses penerbitan surat keputusan (SK) pengangkatan H.M. Ja’far Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi sebagai bupati dan wakil bupati Madina hasil Pilkada 2020 masih dalam proses di Kemendagri.

“Kita masih menunggu dari Kemendagri,” katanya melalui WhatssApp. (*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here