BERBAGI
BANGGA DAN KAGUM--Azwar Pulungan pemiliki Runding Farm memberikan penjelasan mengenai kebun mililknya kepada Sofwat Nasution ketika balon bupati Madina berkunjung ke kebunnya, Sabtu (29/8-2020).

BERITAHUta.com—“Alhamdulillah kami bergerak mengembangkan pertanian buah ini atas inisiatif dan kreativitas sendiri. Kemauan sendiri. Belum ada pembinaan dan lainnya dari pihak mana pun,” kata Azwar Pulungan.

Ia menyampaikan hal itu kepada H. M. Sofwat Nasution, bakal calon (balon) bupati Mandailing Natal (Madina), Sumut ketika mengunjungi kebun miliknya di Desa Runding, Kecamatan Panyabungan, Madina, Sabtu siang (29/8-2020).

Azwar Pulungan mengajak Sofwat Nasution memanen durian montong yang baru kali pertama berbuah.

Di areal Runding Farm membentang luas tanaman pepaya calina IPB. Selain itu terdapat tanaman buah lainnya, seperti durian montong, jeruk, dan nenas. Ada juga proses pembibitan tanaman buah di polibag.

Kepada Sofwat Nasution yang berpasangan dengan Ir. H. Zubeir Lubis pada Pilkada Madina 2020, menyebutkan dengan luas lahan miliknya di Runding Farm yang ada saat ini selain bisa menembus pasar kota-kota besar di tanah air, juga bisa mampu lapangan kerja bagi masayarakat setempat.

BERITA TERKAIT  Kades Mompang Julu Akhirnya Mundur, Blokir Jalinsum pun Dibuka

“Umumnya mereka yang kerja di Runding Farm adalah bekas pekerja tambang emas tradisional di Hutabargot. Alhamdulilah, kita bisa. Sekali lagi, ini saja belum ada pihak yang memberikan dukungan tapi kami sudah bisa produksi dalam jumlah besar. Apalagi sudah didukung pihak pemerintah dan swasta,” kata Azwar.

BERITA TERKAIT  Fahrizal Efendi Minta Polda Sumut Tak Petieskan Tragedi “Maut” PT SMGP

Sofwat Nasution mengapresiasi kreatifitas dan kemauan Azwar mengembangkan Runding Farm. “Ini contoh generasi milenial yang memiliki kemauan keras mengembangkan potensi diri dan potensi alam yang dimiliki,” kata Sofwat Nasution.

Sofwat Nasution bincang-bincang dengan sejumlah pekerja yang sedang mengisi plastik polibag.

Sofwat Nasution didampingi Azwar dan pekerja di Runding Farm berkeliling melihat aneka tanaman yang ada di Runding Farm, seperti pepaya calina IPB, durian, jeruk, dan nenas. “Saya kagum pada anda,” ujarnya.

“Terima kasih bang,” jawab Azwar dengan senyum bangga dan senang karena dikunjungi seorang jenderal yang sekarang sedang proses balon bupati Madina. (*)

 

Peliput: Tim

Redaktur: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here