SHARE
SILATURRAHMI--Bakal calon bupati Madina Brigjend TNI (Purn) M. Sofwat Nasution bersilaturrahmi ke tokoh masyarakat asal Mandailing yang ada di Kota Medan, yaitu H. Maslin Batubara, pada Kamis (1/8).

BERITAHUta.com—Tokoh masyarakat Sumatera Utara asal Mandailing, H. Maslin Batubara menyambut baik rencana Brigjend TNI (Purn) M. Sofwat Nasution maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Madina tahun 2020. Ia menyatakan siap mendukung niat tersebut demi kebaikan kabupaten itu pada masa mendatang.

Hal itu disampaikan Maslin Batubara ketika menerima silaturrahmi Sofwat Nasution di  kantornya,  di Jalan Prof.  M. Yamin SH (Jalan Serdang), Medan, pada Kamis siang (1/8).

Menurut Maslin Batubara, Sofwat Nasution lebih dari pantas didukung untuk menjadi bupati Madina (Mandailing Natal). Selain memiliki pengalaman bertugas di sejumlah daerah di Indonesia, ia juga sudah mengikuti pendidikan Lemhanas (Lembaga Pertahanan Nasional).

“Kita bersyukur dengan pangkat jenderal yang dimiliki Pak Sofwat, dia  mau menurunkan bahunya untuk maju sebagai bupati. Ini suatu anugerah bagi Madina, ada jenderal yang mau turun tangan menata dan membenahi ketertinggalan dibanding kabupaten lain di Indonesia,” kata Maslin Batubara.

Pertemuan pada siang hari itu berlangsung rileks. Sesekali diwarnai canda dan tawa kecil, bak pertemuan antara anak dan ayah. “Bukan baru kali ini saya kenal Pak Sofwat, sudah lama,” kata Maslin Batubara.

Dalam kesempatan itu, Sofwat Nasution menceritakan awal mula ia berniat maju pada Pilkada Madina 2020. “Waktu saya masih dinas di militer, sudah banyak yang menanyakan apakah saya ada keinginan pulang kampung membangun Madina. Paling saya jawab senyum, karena tidak tahu jawab apa,” katanya.

BERITA TERKAIT  Sekjend DPP HIMA LUBIS Dukung Sofwat Nasution Ikut Pilkada Madina

Padahal sejujurnya, lanjut Sofwat Nasution, sebelumnya tidak pernah ada keinginan maju sebagai bakal calon (balon) bupati Madina. “Belakangan setelah pensiun, pertanyaan serupa terus berdatangan dari sejumlah tokoh Mandailing yang ada di Jakarta dan Madina. Ditambah lagi aspirasi pernyataan dukungan terus berdatangan dari sejumlah tokoh,” ujarnya.

FOTO BERSAMA–H. Maslin Batubara (tengah) foto bersama dengan Brigjend TNI (Purn) Sofwat Nasution (kanan) usai bersilaturrami yang berlangsung di Medan, Kamis siang (1/8).

Sofwat Nasution lantas meminta pendapat keluarga besar dan meminta petunjukkan dari Allah SWT. “Tibalah suatu keputusan saya siap maju. Karena itulah, saya meminta dukungan terhadap semua pihak, termasuk dari Pak Maslin,” sebut alumni Akmil  (Akademi Militer) Angkatan 1985 yang sebelum pensiun menjabat sebagai deputi di Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia yang sekarang bernama Badan Cyber dan Sandi Negara (BSSN).

Menanggapi dukungan Maslin Batubara, Sofwat Nasution menyampaikan terima kasih dan menjadi kekuatan baru dalam menumbuhkan rasa percaya diri untuk bertarung pada pilkada Madina mendatang.

“Tentu saja saya terharu atas  dukungan tersebut. Intinya, Pak Maslin punya harapan agar kedepan Madina lebih baik, dan ini sejalan dengan keinginan kita semua,” katanya.

BERITA TERKAIT  Ingin Bermanfaat bagi Masyarakat, Sofwat Nasution Tak Persoalkan Pangkat

Sebelum bertemu Maslin Batubara, Kamis pagi, Sofwat Nasution melakukan kunjungan silaturrahmi ke Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Pertemuan antara sesama lulusan Akmil Angkatan 1985 itu berlangsung di rumah pribadi Edy Rahmayadi di Jalan Karya Bakti, Medan Johor, Kota Medan.

Silaturrahmi berlangsung santai, penuh tawa, dan saling bernostalgia. Sofwat Nasution datang ke rumah gubernur  layaknya seorang sahabat, tidak formal.  Balon bupati Madina  tampak mengenakan kemeja lengan panjang warna biru langit dipadu celana jins hitam.

Sementara itu, Edy Rahmayadi pun menyambut sang sahabat layaknya keluarga. Ia mengenakan kopiah hitam, kemeja putih lengan pendek dan kain sarung warna putih. Hal itu menjadi simbol kedekatan di antara mereka.

Sofwat Nasution menyebutkan, pertemuannya dengan Edy Rahmayadi hanya silaturrahmi sekaligus menyampaikan keinginan hendak maju sebagai calon bupati Madina. “Hanya silaturrahmi biasa saja,” katanya.

Pada Rabu malam (31/7), Sofwat Nasution juga bersilaturrahmi ke rumah salah seorang penggagas lahirnya Kabupaten Mandailing Natal, yaitu H. Pandapotan Nasution, SH. Pada kesempatan itu, Pandapotan menyatakan dukungan terhadap sang jenderal.  (*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here