BERBAGI
MOHON DOA dan DUKUNGAN--Ir. H. Zubeir Lubis yang juga akrab disapa "mamak" Beir "Rindang" memohon doa dan dukungan kepada warga tanah asalnya, Tambangan Jae, mengenai rencananya maju sebagai balon wakil bupati berpasangan dengan H.M. Sofwat Nasution, pada Jumat malam (10/4-2020).

BERITAHUta.com—Bak dikomando, tepuk tangan dibarengi lafal alhamdulillah bergema begitu masyarakat kampung asal Ir. H. Zubeir Lubis tahu ia bakal mendampingi Brigjend TNI (Purn) H. M. Sofwat Nasution pada Pilkada Madina mendatang.

Momen mengharukan itu terjadi pada Jumat malam (10/4-2020), di Desa Tambangan Jae, Kecamatan Tambangan, Madina (Mandailing Natal), Sumut. Desa ini merupakan tanah asal “mamak” Beir, begitu Zubeir Lubis biasa disapa.

Malam itu Zubeir Lubis menghadiri acara terima rapor murid Madrasah Diniah Awaliah (MDA) Tarbiah Islamiah Tambangan Jae sekaligus tausiah menyambut datangnya Ramadan bersama Ustad Amrin Nasution. Sekolah ini merupakan binaan pemilik Hotel Rindang dan tempat wisata Sipaga-paga tersebut.

Ir. H. Zubeir Lubis memberi tahu masyarakat “saompung” dengannya mengenai niatnya majju Pilkada Madina sebagai calon wakil bupati..

Setiap ada kekurangan pembayaran gaji pegawai dan keperluan pembangunan sekolah itu, selalu diatasi Zubeir Lubis. Ini sudah berlangsung sejak lama.

Ketika menyampaikan sambutan, seorang panitia mengatakan dalam tiga hari ini ia mendengar kabar Zubeir Lubis akan maju sebagai bakal calon (balon) wakil bupati Madina.

“Hanya itu yang saya tahu, nanti kita harapkan Pak H. Beir menjelaskan hal ini supaya kita tahu yang sebenarnya,” katanya.

Tiba saatnya Beir “Rindang” menyampaikan sambutan, ia menjelaskan sudah mundur sebagai anggota DPRD Madina sejak 11 Februari 2020. Ia juga menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat, khususnya warga Tambangan Jae karena sudah terpilih sebagai anggota legislatif tiga kali berturut-turut.

Ir. H. Zubeir Lubis menyerahkan hadiah kepada pelajar berprestasi.

“Pada kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan kabar, seperti kata panitia tadi, in shaa Allah, saya akan maju Pilkada Madina mendatang sebagai calon wakil bupati,” katanya.

BERITA TERKAIT  Sofwat Nasution: Aneh, Jika Ada Alumni Tak Dukung Calon Bupati Rekan Satu Alumnus

Mendengar itu warga dan undangan yang notabene mereka saompung hanya diam membisu. Tak ada aplaus atau kalimat apa pun yang terdengar.

“Tentu saya juga masih meminta doa dan dukungan sian koum sasudena. Kalau dari kampung ini lahir anggota dewan, apalagi sempat menjadi salah satu pimpinannya, pasti kita semua bangga. Apalagi nanti in shaa Allah lahir seorang wakil bupati, ” lanjut Beir “Rindang”.

Warga serta wali murid yang memadati halaman sekolah masih tak bergeming. Tidak jelas kenapa mereka seolah “dingin” mendengar informasi itu. Padahal, sebelumnya sang panitia sudah menanyakan, “Apakah kita semua siap mendukung Pak H. Beir jika benar maju pilkada sebagai wakil bupati?”

“Siapp….” teriak warga yang umumnya kaum ibu, naposo dan nauli bulung.

Lalu, Zubeir Lubis pun melanjutkan, “Jadi, pada Pilkada Madina nanti, alhamdulillah, saya sebagai calon wakil bupati dari Jenderal H.M. Sofwat Nasution,” kata pengusaha sekaligus politisi Partai Kebangkitan Bangda (PKB) itu.

Penyerahan hadiah kepada pelajar berprestasi

Belum selesai kalimat Zubeir Lubis itu, suara tepuk tangan dan lafal alhamdulillah langsung bergema. Tampak wajah-wajah ceria dibarengi bisik-bisik di antara warga. “Alhamdullah, ami ambang dabo dohot nalain pasanganna,” kata seorang ibu yang kebetulan duduk didekat Beritahuta.com.

Melihat semangat warga mendengar nama Sofwat Nasution, lalu Zubeir Lubis berjanji pada lain waktu ia akan membawa sang jenderal Koppasus ke “tano” Tambangan. “In shaa Allah lain waktu saya akan bawa kesini calon bupatinya. Biar sama-sama kita kenal,” katanya disambut tepuk tangan warga.

BERITA TERKAIT  Paslon SUKA Menang, Dahwin "Keok"

Cerita lainnya. Sebelum acara dimulai, kebetulan Zubeir Lubis dan rombongan mampir untuk salat isya di rumah “tua” mereka. Saat duduk-duduk di ruang belakang, seorang keponakan Beir “Rindang” menanyakan apa betul “mamak” mau maju pilkada sebagai balon wakil bupati Madina.

“Ya, betul,” jawab Heri, salah seorang rombongan Zubeir Lubis.

“Sudah final?” tanya dia lagi dengan gestur seolah dalam tekanan.

“Sudah. Berpasangan dengan Jenderal Sofwat,” jawab Heri.

Brakkk…, spontan sang ponakan memukul lantai pakai telapak tangan kanannya sembari mengucapkan, “Alhamdulillah.”

Bo maula langa,” tanya Heri.

Uambang dabo dohot calon bupati nalain. Ison na Jenderal Sofwat do sude halak. Ilopo an pe leng na i dokon halak mei, ngajita nalain, Sofwat do jita,” kata lelaki 25-an tahun yang mengurus rumah leluhur Zubeir Lubis.

Ia menambahkan, “Nga naborat i baya pala calon bupatina inda sesuai salero ni halak.”(*)

Setelah Ustad Amrin Nasution menyampaikan tausiah, kegiatan di MDA Tarbiah Islamiah diakhiri penerimaan rapor sekaligus pemberian hadiah kepada pelajar berprestasi. (*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here