BERBAGI
Drs. Rizal Efendi Lubis (tengah pakai kacamata). (foto: fb rizal efendi

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com—Rumor soal pergantian kepala SMP Negeri 2 Panyabungan, Mandailing Natal (Madina), Sumut jadi kenyataan. Setidaknya, Drs. Rizal Efendi, kepala sekolah tersebut sudah dimutasi sebagai guru pengajar di SMP Negeri 4 Batahan, Madina.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Madina Nomor: 821.2/0840/K/2022 tanggal 27 Juli 2022 yang ditanda tangani Sekdakab Madina Gozali Pulungan, Rizal Efendi  dimutasi sebagai guru mata pelajaran pada SMP Negeri 1 Batahan.

Informasi yang didapat media ini menyebutkan, SK tersebut diterima istri Rizal Efendi dari seorang kurir instansi tertentu di rumah mereka,  Jalinsum Titi Kuning, Aek Galoga, Panyabungan, Madina pada Kamis (28/7-2022), sekitar pukul 10.00.

Berselang beberapa menit setelah sang istri menerima surat, ia langsung membawanya ke sekolah, SMP Negeri 2 Panyabungan agar diketahui suaminya, Rizal Efendi.

“Ya betul, saya sudah terima SK mutasi ke SMP Negeri 4 Batahan sebagai guru mata pelajaran,” kata Rizal Efendi kepada Beritahuta melalui sambungan telpon pada, Kamis (28/7-2022) siang.

Soal mutasi, kata dia, enggak menjadi masalah. Namun, dengan tempat tugas yang baru di Batahan, tentu saja menimbulkan pertanyaan. “Yang jelas, saya terima secara ikhlas mutasi ini, karena sudah bagian dari resiko sebagai aparatur pemerintah. Namanya amanah, ada masanya berakhir,” kata Ketua DPD Rumah Komunikasi Lintas Agama (RKLA) Madina itu.

BERITA TERKAIT  Tidak Dipecat, 7 Siswi SMA Negeri 1 Panyabungan Diminta Pindah Sekolah

Jika menduga-duga, lanjut Rizal Efendi, mutasi ini ditengarai masih ada “aroma” pilkada lalu. “Muncul dugaan saya, apa ada kaitan karena saya diangkat era Pak Dahlan Hasan (bupati lama). Ini hanya dugaan-dugaan saja, tetapi saya percaya ini yang terbaik.Hanya saja apa tidak ada lagi sekolah yang lebih dekat sedikit, sebab keluarga saya di Panyabungan.”

Menurut Rizal Efendi, SK yang diterima hanya satu lembar. Padahal biasanya, empat lembar. Antara lain ada surat yang harus dia bawa ke tempat tugas baru, BKD, dan tembusan untuk bupati. “Jadi saya enggak bawa surat lagi ketempat baru, dan lainnya,” katanya.

Seperti diberitakan, kursi kepala SMP Negeri 2 Panyabungan memang banyak diincar para guru serta kepala sekolah SMP Negeri, karena memang jumlah muridnya terbanyak dibanding SLTP Negeri lain di Madina.

BERITA TERKAIT  Paskibraka Nasional Asal Madina Ini Impikan Bawa Bendera Pusaka di Istana

Di tangan Rizal Efendi SMPN 2 Panyabungan menjadi unggulan di Madina, dan berhasil menyabet banyak prestasi. Jumlah siswa saat ini,  600-an orang. Tentu dana biaya operasional siswa (BOS)-nya juga “menggunung” pada setiap tahun.

Isu yang berkembang, seorang kepala  SMP Negeri di Panyabungan mengimpikan jabatan kursi kepala SMP Negeri 2 Panyabungan, bahkan diduga ia sudah menyiapkan Rp200 juta untuk jabatan tersebut.

Belum jelas, apakah pencopotan Rizal Efendi sebagai kepala SMP Negeri 2 ada kaitan dengan “mahar’ Rp200 juta.

Mengenai isu dugaan “mahar” Rp200 juta,  Beritahuta dan tiga media online lokal lainnya, sudah mengirim materi konfirmasi kepada Kepala Dinas Pendidikan Madina Drs. Lismulyadi, pada Selasa (26/7-2022) siang,  namun hingga saat berita ini ditulis, dia tidak memberi respon meskipun WhatsAap materi pertanyaan yang dikirim sudah dia baca. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here