BERBAGI
DESA BINAAN--Ketua TP-PKK Madina Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution dan rombongan meninjau Desa Batang Gadis Jae, Kecamatan Panyabungan Barat sebagai calon desa binaan 2022 pada, Rabu (6/10-2021). (foto: istimewa)

BERITAHUta.com— Ketua TP-PKK Mandailing Natal (Madina), Sumut Hj. Eli Mahrani Ja’far Sukhairi Nasution mengingatkan jajaran pihak kecamatan dan puskesmas di daerah ini rutin melaksanakan program kesehatan terhadap anak balita serta ibu hamil.

Hal itu dikatakan Eli Mahrani saat meninjau Desa Batang Gadis Jae, Kecamatan Panyabungan Barat, Madina pada, Rabu (6/9-2021).  Batang Gadis Jae merupakan calon desa binaan 2022.

Menurut ketua TP-PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) Madina, polindes (pondok bersalin desa) harus rutin melaksanakan program kesehatan anak balita dan ibu hamil agar tahu perkembangan kesehatan mereka.

“Posyandu perlu terus aktif mengecek perkembangan pertumbuhan anak balita di polindes,” kata Hj. Eli Mahrani.

Dia menyebutkan, kesehatan anak dan ibu perlu terus mendapat perhatian agar bayi tumbuh sehat dan si ibu juga bisa mengurus anak dengan baik.

BERITA TERKAIT  Setiap Jelang Puasa, Syawal Biarkan Warga “Berpesta” Ambil Ikan di Kolamnya

Pada kesempatan itu, Hj. Eli Mahrani menyampaikan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari masyarakat Desa Batang Gadis Jae.

“Terima kasih atas sambutannya. Ini sangat luar biasa, semua elemen masyarakat saya lihat ikut terlibat,” katanya.

Lahirnya PKK, kata istri bupati Madina, merupakan jawaban dari permasalahan desa selama ini. “Walau telah terbentuk organisasi khusus mengenai pemberdayaan masyarakat dan perempuan, namun peran TP-PKK dinilai lebih dominan dalam memahami kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Menurutnya, hal itu disebabkan  TP-PKK memiliki jaringan yang luas hingga ke pedesaan. “Harapan saya kunjungan penilaian ini untuk mendapatkan calon desa binaan 2022. Selain itu, menjadi momen pembinaan peningkatan PKK desa dalam membantu pemerintahan desa. Kita ecara bersama memberdayakan potensi keluarga dan masyarakat dalam membangun desa,”sebutnya.

BERITA TERKAIT  Puluhan Tahun Belum Nikmati PLN, Desa Banjar Malayu Pasti Sulit Maju

Camat Panyabungan Barat Azwar Lubis memaparkan kondisi kecamatan itu. Ia juga mengajak masyarakat supaya mau dibina oleh TP-PKK Madina. “Supaya kedepan kita bisa lebih baik,” katanya.

Pj. Kepala Desa Batang  Gadis Jae Muhammad Raja Hidayat menyampaikan terima kasih atas kehadiran rombongan PKK dalam acara tersebut.

“Kami bersyukur desa kami menjadi salah satu calon desa binaan 2022. Mudah-mudahan desa kami terpilih,” katanya.

Dalam kunjungan ini, ketua TP-PKK Madina meninjau polindes yang ada di Desa Batang Gadis Jae. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here