Mulai 19 Maret Sampai 1 April 2020, Siswa di Madina Belajar di Rumah

BERBAGI

BERITAHUta.com—Pemkab Mandailing Natal (Madina) akhirnya memutuskan para siswa tingkat PAUD, TK, SD, SLTP, dan SLTA di kabupaten ini untuk sementara belajar di rumah mulai 19 Maret sampai 1 April 2020.

“Bukan libur, tapi belajar di rumah,” kata Sekdakab Madina Gozali Pulungan kepada wartawan usai rapat kordinasi penanganan virus corona (covid-19) di Aula Pemkab Madina, Selasa (17/3-2020).

Menurut sekda, sampai saat ini jadwal ujian bagi semua tingkatan yang sudah ditetapkan belum ada perubahan. “Masih tetap, belum ada wacana penundaan jadwal ujian,” katanya.

Gozali menyebutkan, langkah pertama yang dilakukan pemkab dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di Madina adalah dengan membentuk gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dengan melibatkan leading sector, seperti kesehatan, pendidikan, kepegawaian, dan kebencanaan.

BERITA TERKAIT  Bisa Undang Polemik, Pembentukan Panitia Munas ke-2 Pasmada Terkesan “Abal-Abal”

Bidang kesehatan, misalnya, pemkab akan melakukan penyekatan kemungkinan datangnya pemapar virus corona dari daerah lain, misalnya, dari wilayah Sumbar. ”Kita upayakan mereka tidak melintas di Madina, kalau terpaksa, mereka harus diberikan sanitasi. Baru boleh masuk ke Madina,” katanya.

Sementara terkait kepegawaian, jelas Gozali, untuk sementara absensi fingerprint ditiadakan dan diganti absensi manual. Hal ini lantaran pemaparan virus corona dari wadah, bukan dari udara.

BERITA TERKAIT  Ja’far Sukhairi Turun Langsung Sosialisasi Pakai Masker di Pasar Lama

“Selain itu, apel gabungan setiap Senin serta apel harian yang dilaksankan di masing-masing OPD (organisasi perangkat daerah) untuk sementara ditiadakan,” katanya.

Mengenai perjalanan dinas pegawai, jelas sekda, harus yang betul-betul terpaksa dan sangat strategis. “Kalau sudah melakukan perjalanan dinas luar, ternyata tempat tugasnya merupakan provinsi yang darurat virus corona, yang bersangkutan akan diisolasi selama 14 hari baru boleh masuk kantor kembali.”

Lalu dimana tempat isolasi bagi yang diduga terpapar virus corona, menurut Gozali, pemkab sudah mempersiapkan RSUD Panyabungan dan puskesmas-puskesmas rawat inap.(*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here