Napak Tilas di Hutapungkut, Warnai Peringatan Satu Abad Jenderal Besar AH. Nasution

BERBAGI

BERITAHUta.com—DPD Ikanas Sumatera Utara menggelar Peringatan Satu Abad Jenderal (Purn) DR. Abdul Haris Nasution pada Kamis (13/12) mendatang. Kegiatan ini dimaksudkan mengenang ketulusan pahlawan nasional itu dalam mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara.

Ketua DPD Ikanas (Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Keluarga Nasution Dohot Anak Boruna) Sumut DR. Amarullah Nasution, SE., MBA., mengatakan peringatan Satu Abad A.H. Nasution dibarengi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW., seminar nasional, dan penyerahan bantuan tali asih terhadap sejumlah anak yatim.

Kegiatan itu, kata dia, dinilai perlu digelar  agar kiprah sang jenderal dalam turut andil menentukan arah perjalanan bangsa bisa menjadi tauladan bagi generasi muda.

Didampingi Drs. H. Ahmad Raja Nasution, MSP. (sekretaris) dan Drs. Rivai Nasution, MM., (bendahara), Amarullah Nasution mengatakan ide mengadakan kegiatan ini berawal dari banyaknya aspirasi serta masukan masyarakat melalui Ikanas Sumut.

“Setelah kami bicarakan di tingkat pengurus dan melibatkan sejumlah tokoh-tokoh terkait, alhamdulillah semua mendukung,” katanya.

BERITA TERKAIT  Dewan Pers Perketat Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan pada 2019

Menurut Amarullah, peringatan Satu Abad Jenderal (Purn) DR. Abdul Haris Nasution sekaligus sosialisasi terhadap masyarakat bahwa Mandailing pernah melahirkan tokoh nasional yang turut andil memberikan jasa serta pengorbanan dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena itu, prestasi yang diraih A.H. Nasution hendaknya menjadi cambuk bagi semua pihak, terutama generasi muda agar termotivasi dan terinspirasi mentauladani nilai histori,  patriotisme, dedikasi, serta heroisme sang Jenderal Nasution.

Amir Hamdani Nasution S.H.I., MH., ketua Panitia Peringatan Satu Abad Jenderal Besar AH. Nasution, menyebutkan agenda utama kegiatan ini adalah mengenang kiprah A.H. Nasution dalam sejarah perjuangan bangsa.

Selain itu, dibarengi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW., seminar nasional sejarah perjuangan AH. Nasution, napak tilas ke kampung halaman sang jenderal di Desa Hutapungkut, Kecamatan Kotanopan, Madina, serta penyerahan bantuan terhadap anak yatim.

BERITA TERKAIT  Wajar, Pernyataan Presiden Jokowi Soal “Batak Mandailing” Menuai Protes

“Acara ini juga bertujuan mentauladani Rasulullah SAW. dan menggugah semangat juang dan ketulusan yang melekat dalam pribadi Jendral Abdul Haris Nasution. Semoga kita mampu mengambil pelajaran dari Rasulullah dan Jenderal Abdul Haris Nasution agar kita bisa manusia yang lebih baik” ujarnya.

Untuk mengisi acara Maulid Nabi Muhammad SAW., panitia berencana menghadirkan Ustad Abdil Muhadir Ritonga dari Medan. Sementara pembicara pada seminar nasional “Satu Abad Jenderal Besar DR. H. Abdul Haris Nasution”, yaitu DR. Phil. Ichwan Azhari (Sejarawan Unimed) dan Askolani Nasution sebagai pegiat kebudayaan Mandailing.

Masyarakat diharapkan turut hadir dalam berbagai kegiatan yang digelar tersebut, termasuk mengikuti seminar nasional. Panitia menargetkan GSG Panyabungan diisi sedikitnya 1000 orang dari berbagai lapisan masyarakat.

“Kami mengundang secara terbuka, siapa saja boleh hadir sekalipun tidak ada undangan. Ini undangan resmi, “ kata Amir Hamdani, didampingi panitia lainnya. (tim-01)

 

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here