SHARE
Ir. H. Zubeir Lubis bincang-bincang dengan Gurbak Nasution, kakek usia 103 tahun di salah satu lopo dekat Pasar Malintang, Kecamatan Bukit Malintang, Madina belum lama ini.

BERITAHUta.com—Ompung (kakek-red) ini masih terlihat sehat. Meski pakai kaca mata plus, penglihatannya masih jelas. Pendengaran juga tidak terlalu buruk jika dibanding dengan usianya yang sudah senja, yaitu 103 tahun.

Meski jalan dibantu tongkat dan sedikit membungkuk, namun secara umum ompung tampak masih sehat. Apalagi ia memakai topi dan rompi, terlihat seperti parlente.

Masajia umur ompung,” tanya Beritahuta.com.

“103 taon,” jawabnya.

Gurbak Nasution, itulah namanya. Ia tinggal di Dusun Sidojadi, Desa Malintang Julu, Kecamatan Bukit Malintang, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Gurbak mengaku tidak begitu paham hiruk pikuk politik, tapi hati kecilnya mengatakan ingin ada pergantian pemimpin di daerah ini. Ia mengharapkan ada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Dohot ma au mandoahkon Pak Sofwat jadi bupati, dungi Pak Beir wakil bupati,” katanya.

BERITA TERKAIT  Dukungan untuk Brigjend TNI (Purn) M. Sofwat Nasution Menggema di Banjarsibaguri

Ketika ditemui di lopo dekat Pasar Malintang, belum lama ini, Gurbak terlihat masih sehat. Masih bisa mengikut alur kecek lopo mengenai perkembangan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Madina yang bakal digelar 9 Desember 2020.

Gurbak juga begitu paham dengan figur pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati Madina H.M. Sofwat Nasution-Ir. H. Zubeir Lubis (Sofwat-Beir). Apakah hal ini disebabkan setiap dia ke lopo ia mendengar pembicaraan  mengenai pilkada atau lantaran faktor lain.

Tak heran begitu tahu di lopo  itu ada Zubeir Lubis, dia langsung mendekat dan menyalamnya. Melihat seorang ompung hendaknya bersalaman, pemilik hotel Rindang dan tempat rekreasi Sipaga-paga tersebut langsung berdiri dan memeluk pundak sang kakek.

Menurut seorang warga yang kebetulan sedang di lopo, Gurbak acap menyebutkan ia mendukung pasangan Sofwat Beir dalam pilkada mendatang. “Kami juga bingung, kok dia selalu ngomong mendoakan Sofwat-Beir terpilih,” katanya.

BERITA TERKAIT  Siang ini, Sofwat-Beir dan Mustafa Bakri Salat Jumat di Pintu Padang Julu

Mendengar cerita itu, Zubeir Lubis terkesima. Tak menunggu lama, ia pun mendekati tempat duduk Gurbak dan kembali memeluk lelaki sepuh itu.

Dengan lafaz dan suara yang jelas, siang itu disaksikan warga dan rombongan Zubeir Lubis, Gurbak mendoakan Sofwat-Beir menjadi menjadi pemimpin sebagai hasil pilkada serentak 2020.

“Ya Allah, jadikanlah anakku Sofwat dan Beir jadi bupati dan wakil bupati kami di daerah ini. Bimbinglah mereka. Berikanlah barokah, mudah-mudahan mereka amanah Ya Allah…” sebutnya.

Saat Zubeir Lubis dan rombongan hendak meninggalkan lopo, ia pamit terhadap ompung. Usai bersalaman, balon wakil bupati Madina itu memberikan uang kepada sang kakek. “Panabusi kopi ji ompung,” katanya.  (*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here