BERBAGI
Sekdakab Madina Alamulhaq Daulay menyerahkan tropi kepada pemenang. (foto: diskominfo)

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com–Kontingen Kecamatan Panyabungan Timur meraih juara umum pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadis (MTQH) ke-22 tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut yang berakhir, Kamis (2-3-2023) malam.

Kafilah Panyabungan Timur mendominasi pada cabang Hifzil Quran. Juara pertama golongan satu juz dan lima juz baik kategori putra maupun putri dimenangkan peserta dari kecamatan ini, yaitu Rahmad Hidayat (satu juz dan tilawah putra), Kanza Putri Pratama (putri), Muhammad Akhyar (lima juz dan tilawah putra), dan Rizki Sakinah (putri).

Dikutip dari HayuraNet, berdasarkan rincian yang disampaikan tim dewan hakim, setiap juara I dikali lima poin, juara II dikali 3 poin, dan juara III dikali satu poin.

BERITA TERKAIT  20 Tahun Garap Tanah Ulayat, PT PLS Ingkar Kesepakatan dengan Eks Kekuriaan Sigalangan?

Peserta Panyabungan Timur berhasil mengumpulkan 54 poin, atau unggul 25 poin dari peringkat kedua, Kecamatan Naga Juang. Poin tersebut merupakan akumulasi dari perolehan juara yakni, juara I terdiri delapan peserta, juara II (3 peserta), dan juara III (5 peserta).

Kafilah Naga Juang yang menduduki peringkat dua juara umum hanya berhasil meraup 29 poin dari akumulasi tiga juara I, tiga juara II, dan lima juara III.

Kecamatan Panyabungan dan Kotanopan harus rela berbagai tempat untuk posisi tiga setelah mengumpulkan poin sama, yakni 25 poin.

Satu peserta dari Panyabungan berhasil meraih juara I, enam juara II, dan dua juara III. Sementara kafilah Kotanopan menempatkan tiga peserta juara I, tiga juara II, dan satu juara III.

BERITA TERKAIT  Jelang Berangkat ke Mesir, Keluarga Nisah Gelar “Mangido Doah” Secara Sederhana

Ketua Dewan Hakim Ahmad Zainul Khobir dalam sambutannya sebelum mengumumkan para juara mengatakan peserta juara I tidak serta merta mewakili Madina pada MTQ tingkat provinsi.

“Nantinya akan ada evaluasi dan seleksi yang dilakukan oleh LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran),” katanya.

Pada tahun lalu, atau MTQ ke-21 Madina, juara umum adalah Kecamatan Siabu, lalu disusul Naga Juan sebagai juara kedua. Dengan demikian, Naga Juang berhasil menjadi juara umum kedua dalam dua tahun terakhir. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI