SHARE
SAPI KURBAN--Proses penyerahan sapi kurban dari H.M. Sofwat Nasution untuk disembelih di lingkungan Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru, Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Madina.

BERITAHUta.com—Parsadaan Alumni SMA Sada (Pasmada) Panyabungan menyerahkan tujuh sapi kurban kepada sejumlah desa. Dua di antaranya merupakan kurban Brigjend TNI (Purn) H.M. Sofwat Nasution.

Pengurus Pasmada Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut sudah menyerahkan sebagian sapi tersebut kepada panitia kurban masing-masing desa, Kamis (30/7-2020).

Antara lain: Desa Kumpulan Setia (Saba Opur), Kecamatan Hutabargot, Madina; Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru; dan Desa Manambin, Kecamatan Kotanopan, Madina.

Sapi dari keluarga Mulia P Nasution yang dikurban di Desa Kumpulan Setia, Kecamatan Hutabargot, Madina.

Ketiga sapi kurban tersebut dipotong pada, Jumat (31/7-2020), di masing-masing desa. Sedangkan empat ekor lagi, direncanakan disembelih, Sabtu (1/8-2020).

Yaitu: Desa Sopo Batu, Desa Aek Mata, Kelurahan Panyabungan Tonga, serta Kelurahan Kayujati. Keempatnya desa/kelurahan itu berada di Kecamatan Panyabungan.

Ketujuh sapi merupakan kurban sejumlah alumni SMA Negeri 1 Panyabungan yang tergabung dalam Pasmada ditambah beberapa orang dari luar Pasmada.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pasmada H.M. Sofwat Nasution menyerahkan dua hewan kurban, masing-masing dipotong di lingkungan Musthafawiyah Purba Baru dan Desa Manambin.

Penyerahan sapi kurban di Desa Manambin

Sapi yang disembelih di Desa Kumpulan Setia merupakan kurban keluarga Mulia P. Nasution. Sedangkan sapi untuk masyarakat Kelurahan Kayujati kurban keluarga Azhar Lubis.

Selanjutnya, sapi di Panyabungan Tonga kurban keluarga Arifin Lubis. Sapi bagi warga Sopo Batu dan Aek Mata berasal dari  kurban “bersama” sejumlah alumni, di antaranya H. Rusli Nasution (3 bagian), H. Imran Cenek Nasution (2 bagian), H. Nis’ad Sidik (2 bagian), Zulkifli Lubis, Akhiruddin Matondang, dan Hapis Nasution.

Amin, salah seorang panitia kurban Desa Kumpulan Setia menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Pasmada yang telah berbagi hewan kurban kepada warga setempat. “Sampai sapi Pasmada diantar, baru ini hewan kurban di desa kami. Memang ada gambaran bertambah satu ekor lagi, tapi baru ada lima orang, kurang dua lagi,” katanya.

Sapi dari H.M. Sofwat Nasution yang dikurban di Desa Manambin

Warga Desa Manambil juga menyampaikan terima kasih kepada Pasmada yang sudah menyerahkan sapi untuk di kurban di desa mereka.

“Alhamdulillah, terima kasih terhadap Pak Sofwat Nasution, “ kata Fajar, salah seorang panitia kurba Desa Manambin.

Ketua Pasmada Madina H. Mulyadi Borotan didampingi Sekretaris Mangatas Nasution mengatakan salah satu alasan penentuan desa yang dapat sapi kurban dari alumni SMA Negeri 1 Panyabungan adalah tidak ada hewan kurban yang dipotong di desa itu pada tahun ini. Seperti, Desa Sopo Batu dan Desa Aek Mata.

“Masih ada sebenarnya sejumlah desa yang tidak memotong hewan kurban pada Idul Adha kali ini, namun karena keterbatasan tidak semua bisa kami penuhi,” ujar Mulyadi.  (*)

Peliput: Tim

Editor: Akhir Matondang

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here