BERBAGI
Sainal Abidin Nasution didampingi sektetaris DPD NasDem Madina memberikan keterangan pers usai mendaftarkan Bacaleg partai ini di KPU Madina, Kamis (11-5-2023). (foto:ist)

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com—Salah satu partai di Mandailing Natal (Madina), Sumut yang percaya diri menghadapi pemilu legislatif 2024 adalah NasDem. Buktinya, NasDem merupakan partai pertama yang mendaftarkan Bacaleg-nya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Rombongon Bacaleg (bakal calon legislatif) Partai NasDem Madina dipimpin ketua dan sekretaris partai ini mendatangani KPU pada, Kamis siang (11-3-2023). Mereka konvoi naik kendaraan diiringi tabuhan gordang sambilan menuju kantor penyelenggara pesta demokrasi tersebut di Jalan Merdeka, Kayujati, Panyabungan.

Ketua DPD NasDem Sainal Abidin Nasution menyebutkan jumlah Bacaleg yang didaftarkan sebanyak 40 orang, terdiri 28 laki-laki dan 12 perempuan. Ini artinya, kuota 40 Bacaleg sesuai jumlah kursi yang diperebutkan terpenuhi 100 persen.

Sejumlah nama beken di daerah ini ikut masuk di gerbong Partai NasDem. Ada pensiunan ASN (aparatur sipil negara) yang pernah menduduki jabatan eselon dua di lingkungan Pemkab Madina, tampak pula mantan kepala Kantor Kemenag Madina, mantan kepala SMA Negeri, dan sejumlah figur yang pernah sebagai Caleg (calon legislatif) dari partai lain pada Pemilu 2019.

BERITA TERKAIT  Upaya Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Padangsidimpuan Gelar “KPU Run”

Pendaftaran Bacaleg Partai NasDem yang diterima Ketua KPU Madina Fadillah Syarif berlangsung sekitar pukul 11.00. Hal serupa juga terjadi di seluruh KPU di tanah air, yakni secara bersamaan pengurus partai ini di semua tingkatan mendaftarkan Bacaleg-nya di KPU masing-masing. “Ini dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia,” kata Sainal Abidin.

Menurutnya,  NasDem sengaja serentak mendaftarkan Bacaleg ke KPU pada tanggal 11, pukul 11.00. “Ini disebabkan Partai NasDem lahir pada tanggal 11, bulan 11, tahun 2011.”

Sainal Abidin yang juga anggota DPRD Madina ini berharap angka 11 merupakan angka keberuntungan bagi partai pengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden tersebut.

BERITA TERKAIT  Masih Soal “Surat Cinta”, Mahasiswa Tuntut Bupati Mandailing Natal Minta Maaf

Dia optimis perolehan kursi Partai NasDem pada Pemilu 2024 nanti bakal naik signifikan. Ini antara lain sebagai dampak dukungan masyarakat terhadap Anies Baswedan sebagai capres yang diusung partai besutan Surya Paloh ini.

In shaa Allah kami optimis setiap daerah pemilihan (dapil) dapat minimal satu kursi. Bahkan, untuk dapil-dapil tertentu diupayakan bisa dapat lebih dari satu. Mudah-mudahan saja dengan sinergitas para Caleg nanti bisa menjaring suara sebanyak mungkin. Ini sangat memungkinkan, apalagi setelah melihat komposisi Bacaleg  kami daftarkan,” ujarnya.

Meskipun begitu, ketua DPD Partai NasDem Madina, mengingatkan para Bacaleg agar terus melakukan sosialisasi terhadap masyarakat. Mampu mengambil hati dan simpati warga, terutama di dapil masing-masing.

Tentu saja, simpati masyarakat hanya bakal muncul ketika Bacaleg bisa berkomunikasi secara baik dengan menawarkan visi-misi perubahan mengutamakan kepentingan rakyat.(*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI