BERBAGI
Penghitungan suara pemilihan presiden-wakil presiden di TPS 05, Kelurahan Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan, Madina pada, Rabu (14/2/2024). (foto: akhir matondang)

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com—Perolehan suara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) unggul dibanding Prabowo-Gibran di tempat bupati dan wakil bupati Mandailing Natal (Madina), Sumut mencoblos pada Pemilu 2024. Sedangkan suara capres-cawaprses nomor 3, terpaut jauh.

Bupati Madina H.M. Jafar Sukhairi Nasution bersama istrinya, Eli Mahrani Lubis menyampaikan hak pilih di TPS (tempat pemungutan suara) 05, Panyabungan II, Kecamatan Panyabungan, Madina.

Di TPS ini, pasangan nomor urut  01 (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) meraih 164 suara; pasangan 02 (Prabowo-Gibran) 81 suara; dan pasangan 03 (Ganjar-Mahfud MD) mendapat 3 suara.

Hal serupa terjadi di TPS 04, yang juga berada di lingkungan rumah pribadi Jafar Sukhairi. Berdasarkan hasil perhitungan, pasangan Anies Muhaimin : 121 suara; Prabowo-Gibran: 81 suara; dan Ganjar-Mahfud: 1 suara.

Perolehan suara pemilihan presiden-wakil presiden di TPS 04, Kelurahan Panyabungan II, Panyabungan, Madina. (foto: akhir matondang)

Anies-Cak Imin juga unggul di TPS 02 Hutabaringin TB, Kecamatan Kotanopan, Madina. Di tempat Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi dan keluarganya mencoblos ini pasangan AMIN unggul 107 suara. Lalu, Prabowo-Gibran: 52 suara, dan Ganjar-Mahfud: 6 suara.

BERITA TERKAIT  Diskominfo Madina Akhirnya “Tersentak” Jelaskan Soal UKW, Ini Kata Mereka...

Masih di Hutabaringin TB, yakni TPS 01. Pasangan Anies-Cak Imin mendapat 105 suara, Prabowo-Gibran:34 suara, dan Ganjar-Mahfud:2 suara.

Selanjutnya, di TPS lingkungan rumah dinas bupati-wakil, yakni Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Madina juga dimenangkan AMIN. Di TPS 01, Anies-Cak Imin meraih 129 suara, Prabowo-Gibran:85 suara, serta Ganjar-Mahfud:5 suara.

Di TPS 02 Parbangunan, pasangan Anies-Cak Imim memperoleh 135 suara, Prabowo-Gibran:70 suara, dan Ganjar-Mahfud:4 suara. Sedangkan, TPS 03 Parbangunan, Anies-Cak Imim:144 suara, Prabowo-Gibran:79 suara, dan Ganjar-Mahfud:4 suara.

Kemenangan Anies-Cak Imin tersebut sepertinya tidak dikehendaki Jafar Sukhairi dan Atika Azmi Utammi. Seperti diketahui, wakil bupati secara terang-terangan memberikan dukungan terhadap pasangan Prabowo-Gibran pada Pilres 2024.

BERITA TERKAIT  Gempsu Demo di Pemkab Madina, Bupati Diminta Tegas Soal Dugaan Amoral di RSUD Panyabungan

Hal itu terlihat dari banyaknya alat peraga kampanye (APK) pasangan Prabowo-Gibran bersama Atika Azmi Utammi dipasang di sejumlah titik di daerah ini pada masa kampanye Pemilu 2024.

Meskipun tidak terang-terangan, banyak pihak menduga Jafar Sukhairi juga memberikan dukungan terhadap Prabowo-Gibran. Tak jelas alasannya, namun berdasarkan rekam jejak masa sosialisasi dan kampanye pilpres pasangan Anies-Cak Imin, tidak sekalipun bupati Madina ini hadir di lokasi kegiatan.

Padahal Jafar Sukhairi merupakan ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Sumut, bahkan menjabat sebagai wakil ketua TKD (Tim Kampanye Daerah) AMIN Sumut. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI