BERBAGI
Elpi Yanti Harahap

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com–Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai mempersiapkan rencana pembukaan ruas jalan Ulupungkut – Pasaman Barat (Pasbar). Pembukaan ruas jalan ini merupakan follow up pertemuan dua kepala daerah beberapa waktu lalu.

Langkah pertama yang akan dilakukan Dinas PUPR Madina adalah pemasangan pilar penanda batas antara Madina, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan Pasbar, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

“Kemudian, akan ada survei bersama terkait tease jalan yang akan dibangun. Baik tim Madina maupun Pasbar akan sama-sama turun ke lokasi,” kata Plt. Kadis PUPR Madina Elpi Yanti Harahap, belum lama ini.

BERITA TERKAIT  As Imran Khaitamy: Kehadiran Koran Beritahuta Surprise bagi Pak Bupati

Elpi menerangkan, masih ada tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum pembangunan jalan tersebut terealisasi. “Berikutnya harus dilakukan pendataan tanah dan kebun di sekitar lokasi,” ujarnya.

Pendataan itu untuk memastikan tidak menimbulkan konflik pada masa mendatang mengingat di daerah tersebut ada wilayah Taman Nasional Batang Gadis (TNBG), KPH, dan milik perorangan atau pribadi.

BERITA TERKAIT  Fahrizal Efendi Nasution Beri Motivasi Santri Pesantren Darul Ikhlash, Dalan Lidang

Selain itu, pihaknya juga harus mempersiapkan masterplan pembangunan ruas jalan, termasuk dokumen lingkungan meliputi analisis dampak lingkungan (amdal) dan detail engineering design (DED).

Elpi memastikan Pemkab Madina antusias merespon rencana pembangunan tersebut, terlebih dengan adanya ruas jalan ini diyakini akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi. “Yang pasti rencana tersebut akan kami ikuti sesuai dengan prosedur yang ada,” tuturnya. (*)

Editor: Akhir Matondang

 

 

BERBAGI