BERBAGI
RAIH PENGHARGAAN--Bupati Madina H.M. Ja’far Sukhairi Nasution bersama piala dan piagam penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya Tahun 2020 Kategori Pratama yang diterima Mandailing Natal, Sumut. (foto: istimewa)

BERITAHUta.com—Ini kali pertama dalam sejarah. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya Tahun 2020 Kategori Pratama kepada Kabupaten  Mandailing Natal (Madina), Sumut.

Penghargaan ini dapat dikatakan suatu rekor, karena sepanjang kabupaten paling selatan Sumut ini lahir, belum pernah sekali pun menerima penghargaan APE (Anugrah Parahita Ekapraya) dari pemerintah pusat.

Dalam surat Menteri Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPP) RI No. 72/Men/D.KG/KG.05/9/2021  tanggal 20 September 2021 perihal Pemberitahuan Pemberian Penghargaan APE Tahun 2020 yang ditanda tangani I Gusti Ayu  Bintang  Darmawati antara lain disebutkan APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan  pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dalam pelaksanaan strategi pengarusutamaan gender (PUG).

BERITA TERKAIT  Pemkab Madina Bantu Pengobatan Bocah Penderita Penyakit Sejenis Tumor

APE berarti suatu penghargaan terhadap prakarsa dan prestasi yang dicapai dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian kesetaraan gender di daerah.

KategoriAPE adalah: tingkat pratama (pemula), tingkat madya (pengembangan), tingkat utama (peletakan dasar dan keberlanjutan) dan tingkat mentor.

Penilaian APE ditekankan pada tujuh  komponen kunci, yaitu: Pertama, komitmen.  Komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Pada poin ini yang dinilai adalah komitmen pemerintah daerah baik gubernur, bupati/walikota bersama DPRD dalam melaksanakan PUG di setiap dimensi pembangunan di daerahnya.

BERITA TERKAIT  Ini yang Ditunggu, Dana Posko Perbatasan Cair dalam 2 atau 3 Hari Kedepan

Bupati Madina H.M. Ja’far Sukhairi Nasution mengaku terharu begitu mendapat informasi kabupaten ini salah satu daerah tingkat dua di Indonesia sebagai penerima APE 2020.

“Alhahamdulillah, penghargaan ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai motivasi bagi jajaran eksekutif, legislatif, dan semua elemen masyarakat agar kinerja bidang pemberdayaan perempuan lebih ditingkatkan,” katanya.

Ja’far Sukhairi patut berbangga. Karena ini kali pertama Madina dapat pernghargaan tingkat nasional, apalagi yang didapat APE, yang banyak kepala daerah berharap mendapatkannya.

“Ini patut kita syukuri dan menjadi pemompa semangat bagi pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih baik bagi kemajuan daerah,” sebutnya. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here