BERBAGI
"MARTUMPUR"--Spanduk rakyat ini dibuat secara sederhana oleh para pemuda Banjarsibaguri. Mereka rela "martumpur" untuk bisa membuat beberapa baliho dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandi pada pilpres 17 April 2019.

BERITAHUta.com–Geliat dukungan terhadap paangan Capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Kabupaten Mandailing Natal (Madina),  Sumut tampaknya kian tak terbendung.

Tidak mau ketinggalan dengan beberapa tempat lain,  pemuda Banjarsibaguri,  Kecamatan Panyabungan,  Madina juga membuat baliho pasangan nomor urut 02 pakai uang martumpur (patungan-red).

Saat ini ada tiga baliho yang sudah berdiri di sepanjang jalan raya Banjarsibaguri, sebutan lain dari Kelurahan Panyabungan III.  Dua di antaranya ada di sekitar warung kedai kopi “Apak Baru”, 100-an meter di timur Masjid Al-Munawarah.  Baliho yang pasang di atas atap  bertuliskan “Relawan Militan Pendukung Prabowo Sandi. ”

Baliho kedua dipasang di depan rumah warga beberapa meter dari warung kopi “Apak Baru”. Alat peraga ini sangat sederhana dengan menggunakan material-material bekas, lalu ditulis pakai cat minyak juga sisa-sisa punya warga.

Tulisannya adalah “Spanduk Rakyat 02 Prabowo-Sandi  Banjarsibaguri”.  Dalam baliho ini tidak ada gambar sang capres-cawapresnya.

Sedangkan baliho ketiga berjarak sekitar 100 meter di barat masjid kebanggaan warga Banjarsibaguri, bertuliskan,  “Kami Masyarakat Panyabungan III Siap Memenangkan dan Mengawal TPS.”

Baliho yang berdiri persis di depan rumah Almarhum Bangun ini tampak begitu mencolok dan selalu mengundang perhatian masyarakat yang sedang lalu-lalang di jalan raya yang menghubungkan Panyabungan Kota dengan Panyabungan Timur itu.

BERITA TERKAIT  Undangan “Cueki” Darmin Nasution Saat Menyampaikan Sambutan

Selain karena letaknya yang cukup strategis, juga ukurannya tergolong besar, 3 X 5 meter. “Mantul juga ya poso-poso Banjarsibaguri , ” komentar Imran Cenek Nasution yang kebetulan sedang pulang kampung.

Warga Medan asal Banjarsibaguri , tersebut pun menyempatkan diri foto bersama sejumlah pemuda setempat dengan background baliho bergambar Prabowo-Sandi.

Sebagai perantau, Imran Cenek mengapresiasi kreatifitas para pemuda dalam menyikapi pesta demokrasi ini.  “Paling tidak mereka bisa bersikap sesuai pemahanan mereka dalam konstelasi politik kekinian. Mereka mampu mengekpresikan dukungan politik dengan cara mereka sendiri tanpa menyalahi aturan. Ini sangat berbeda dengan zaman saya dulu, ” kata pendukung fanatik Prabowo-Sandi yang juga mantan birokrat itu.

Berdasarkan informasi yang didapat Beritahuta. com,  ketiga baliho ini dibuat para pemuda Banjarsibaguri dengan biaya sendiri.  Adapun motor penggeraknya adalah para santri Musthafawiyah Purba Baru yang berdomisili  di kelurahan itu.

“Masyarakat tampak sangat senang melihat baliho ini.  Bahkan masih banyak warga  minta dibuatkan di pekarangan rumah mereka.  Insyaallah kami kami mau buat lagi,” kata seorang pemuda.

Suara Prabowo-Sandi di Banjarsibaguri diperkirakan akan signifikan. Hal itu antara lain terlihat di Gedung Olahraga (GOR) PB. Mutiara. Hampir semua yang main bulu tangkis di tempat ini menyatakan dukungan terhadap pasangan nomor urut 02.

BERITA TERKAIT  Kantor OPD Tutup, ASN Pemkab Madina Dikerahkan Hadiri Acara Ma’ruf Amin

Masih soal baliho. Di sekitar Kecamatan Siabu bertebaran baliho ukuran besar. Selain terdapat  gambar Prabowo-Sandi, juga ada gambar Habib Rizieq Syihab (HRS) dan ulama Mandailing  yang berdomisili di Makkah, Saudi Arabia.

Baliho yang antara lain bertuliskan “Kemenangan Prabowo-Sandi adalah Fardhu Ain” dipasang masing-masing satu unit di Desa: Sinonoan, Aek Mual, Lumban Dolok, Huraba II, SImaninggir, Kelurahan Siabu, Bonandolok 1,  Kelurahan Simangambat 1, perbatasan Siabu Lumban Dolok, dan di Sihepeng dua unit.

Baliho “rakyat” juga terdapat di Pidoli yang dipasang di depan warung kelontong. Tulisannya” Gerakan Nasional Cinta Prabowo Ayuarra Pidoli. Selain terdapat foto Prabowo-Sandi, juga terlihat foto dua tokoh agama serta gambar beberapa kaum milineal setempat.

Menjamurnya baliho produk martumpur” ini bermula dari kreatifitas pemuda  Sipolu-polu. Mereka  membuat baliho Prabowo-Sandi di beberapa tempat di kelurahan itu. Bahkan gambar baliho yang mereka buat dari “sum-suman” viral di media sosial. (*)

Peliput: tim

Editor: AKhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here