BERBAGI
EKOWISATA--Atika Azmi Utammi Nasution bersama Ali Manto Lubis, kepala Desa Pastap Julu, saat meninjau lokasi obyek ekowisata di desa tersebut pada, Selasa (17/5-2022). (foto: ist)

TAMBANGAN, BERITAHUta.com—Sebagai upaya meningkatkan pariwisata daerah, Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), Sumut Atika Azmi Utammi Nasution, Selasa siang (17/5-2022), melakukan kunjungan kerja (Kunker) di lokasi obyek wisata yang ada di Kecamatan Tambangan, Madina.

Obyek wisata yang dikunjungi berada di Desa Pastap dan Pastap Julu. Selama berada di obyek wisata yang belum begitu banyak diketahui masyarakat ini, dia bincang-bincang dengan aparat desa serta warga setempat

Di Desa Pastap, Atika melihat langsung Goa Alam dengan hamparan sawah luas. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Pastap Julu, yaitu meninjau ragam ekowisata yang ada di sana, seperti arung jeram serta lokasi camping.

Wakil bupati menyebutkan potensi alam di dua desa itu harus dikelola serta dilestarikan agar bisa menjadi daerah tujuan wisata. “Ini anugerah Allah SWT kepada kita. Tidak semua daerah memiliki alam seperti ini, sehingga sangat patut disyukuri dengan melestarikannya,” katanya.

BERITA TERKAIT  Bupati Madina Berharap Ada Buku Legenda "Goa Pastap Boru Sambilan Jogi"

Jika setiap potensi wisata yang ada bisa dikelola secara baik, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. “Pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat,” ujar Atika.

Pemkab Madina, lanjutnya, sangat mendukung perkembangan obyek wisata di daerah ini. Salah satu bentuk dukungan itu, yaitu mempersiapkan dana demi memfasilitasi tumbuhnya ekowisata di Pastap dan Pastap Julu.

BERITA TERKAIT  Rombongan “Mulak tu Huta” dari Malaysia “Borong” Cenderamata di Gallery Narisya

“Pemkab akan kerja sama dengan Pemprov Sumut dan pusat untuk pengalokasian dananya demi peningkatan kelestarian kedua obyek wisata,” kata Atika.

Dia berharap program pemkab menumbuhkembangan obyek wisata, khususnya di Pastap dan Pastap Julu mendapat dukungan seluruh elemen masyarakat. “Sehingga proses pembangunannya berjalan lancar sampai ketingkat desa,” sebutnya.

Pada kunjungan di dua desa, Atika antara lain didampingi Kepala Dinas Pariwisata M.Yasir, Camat Tambangan Muslih, Kepala Desa Pastap M. Raja, Kepala Desa Pastap Julu Ali Musa Manto, tokoh agama serta masyarakat dua desa. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here