BERBAGI
LAPAK DAGING--Salah seorang pedagang daging di Pasar Lama Panyabungan, Madina pada, Senin (11/3/2024). foto: akhir matondang

PANYABUNGAN, BERITAHUta.com—Harga daging sapi di Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumut sehari menjelang Ramadan 1445 Hijriah ditawarkan Rp170 ribu per kilogram. Harga ini relatif sama saat memasuki bulan puasa tahun lalu.

Harga daging kerbau Rp180 per kilogram, atau berbeda Rp10 ribu dibanding daging sapi. Sedangkan harga tulang sop sapi dan kerbau sama, yakni Rp120 ribu.

Berdasarkan pantuan Beritahuta.com di Pasar Baru Panyabungan pada, Senin (11/3/2024), beberapa pedagang musiman ini ada yang menawarkan tulang sop kualitas super seharga Rp140 ribu per kilogram. “Beda, ini dagingnya masih banyak,” ujar seorang pedagang.

Sampai sekitar pukul 09.00, tampak animo masyarakat membeli daging untuk persiapan sahur pertama bulan puasa biasa-biasa saja. Tidak ada kerumunan, bahkan terlihat sepi pembeli.

Para pedagang terpaksa lebih serius menawarkan dagangan terhadap setiap warga yang sedang melintas di depan lapak mereka. “Ison pak, jeges dagingna (di sini pak, dagingnya bagus—red),” ujar pedagang terhdap seorang ibu.

BERITA TERKAIT  Keluarga Asal Madina Ikut Jadi Korban Gempa Cianjur, Rumah Kontrakan Mereka Luluh Lantak

Jumlah pedagang daging musiman menjelang bulan puasa ini relatif hampir sama dengan saat serupa pada tahun lalu. Kali ini, di Pasar Baru Panyabungan terdapat 29 lapak. Sebanyak 28 di antaranya berada di dalam pagar Pasar Baru yang baru dibangun, satu lagi di sisi jalinsum—depan bangunan Pasar Baru, tepatnya di seberang SPBU Sopolu-polu.

Sedangkan di Pasar Lama Panyabungan tercatat 14 lapak. Mereka membuka lapak di pintu masuk bagian utara jalan keliling—biasa disebut pasar sayuran Pasar Lama. Dari jumlah pedagang itu, satu di antaranya terdapat di lapak pedagang ikan laut, tak jauh dari tikungan belakang Masjid Raya Panyabungan.

Pada tahun lalu, di Pasar Baru Panyabungan sekitar 30 lapak, sedangkan di Pasar Lama 15 lapak. Jumlah ini lebih banyak dibanding jelang Puasa Ramadan 2022 atau 1443 Hijriah.

BERITA TERKAIT  84 Pebulutangkis Ramaikan Turnamen Silaturrahmi ke-7 PB Mutiara
Suasana di Pasar Baru Panyabungan jelang 1 Ramadan 1445 H. (foto: akhir matondang)

Jika melihat sepinya animo masyarakat membeli daging memasuki 1 Ramadan 1445 Hijriah ini, tidak menutup kemungkinan pada siang atau jelang sore nanti harga daging bakal turun. Apalagi tersiar informasi, sebelum pukul 07.00, pedagang sempat membuka harga Rp180 ribu per kilogram.

Sementara itu, sehari sebelum bulan puasa ini, harga cabai merah naik dibanding hari-hari sebelumnya. Pada Senin (11/3/2024) pagi, pedagang menjual Rp100 rb per kilogram. Namun, sekitar pukul 08.00 turun menjadi Rp80 rb perkilogram.

Meskipun begitu, satu dua pedagang masih ada yang menawarkan Rp100 ribu. “Ini baru masuk pasokan,” kata Marlina, seorang pedagang di Pasar Lama Panyabungan.

Harga bawang relatif tidak ada kenaikan, tetap berkisar Rp35-37 ribu per kilogram. Sedangkan ayam potong Rp33-35 ribu per kilogram. (*)

Editor: Akhir Matondang

BERBAGI